Jumat, 12 November 2010

Paku Tembak (Rivet)

Riveting adalah suatu dari metoda penyambungan yang sederhana. Penggunaan metoda penyambungan dengan riveting ini sangat baik digunakan untuk penyambungan pelat-pelat aluminium, sebab plat aluminium ini sangat sulit disolder dan dilas.
Tapi untuk plat baja tipis juga baik digunakan reviting, seperti yang dilakukan oleh anak-anak las SMK 2 Banda Aceh, mereka menggunakannya untuk pemasangan plat dudukan alat bantu pengelasan. Lihat saja foto mereka yang dilatarbelakangi hasil kerja mereka dibaawah ini.....! keren juga bukan....?
Foto anak las yang diatas dari kiri kekanan : Usyeyenku, Sadli, Fardha, Buchari, dan Riski. Sedangkan foto yang dibawah dari kiri kekanan : Esa, Tanzil, Nikmatullah, Fakruraji dan Al Furqan.

Mereka adalah siswa kelas XI (sebelas) 2010-2011 Teknik Pengelasan SMK 2 Banda Aceh, mereka selain dilatih skill spesialis pengelasan, juga diajarkan kerja fabrikasi, seperti yang mereka kerjakan ini Menggunakan Paku tembak (rivet) dalam aplikasi langsung kebenda kerja.

Proses pengeboran sangat diperlukan dalam pemasangan paku tembak, dan yang paling penting adalah matabor yang sesuai diameternya dengan paku tembak, dan jangan lupa dibersihkan dulu lubang hasil bornya terutama dibagian belakangya dengan kikir, agar paku tembak dapat melekat dengan sempurna.

Penggunaan GUN BLIND RIVET harus dilakukan dengan sabar dan benar, biasanya dengan 3 atau 4 kali tekan paku tembak sudah putus. dan pekerjaanpun selesai.

Salam dari penulis : Sandi (Instruktur Teknik Pengelasan) SMK 2 Banda Aceh

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Keuyen...! Oi.....>>>...!

Unknown mengatakan...

kalau untuk aluminium namanya apa gan ?

Posting Komentar

 
Powered by Blogger